Contoh Surat Izin dan Cara Menulisnya yang Baik dan Benar

 

Contoh Surat Izin dan Cara Menulisnya yang Baik dan Benar

Surat izin adalah bentuk komunikasi tertulis yang digunakan untuk memberitahukan ketidakhadiran atau permohonan izin kepada pihak tertentu, baik itu sekolah, kantor, atau instansi lainnya. Meskipun sekarang banyak komunikasi dilakukan lewat pesan singkat atau email, surat izin masih sering diminta dalam bentuk tertulis sebagai bukti resmi.

Nah, buat kamu yang sedang mencari referensi, berikut ini penjelasan lengkap tentang surat izin beserta beberapa contohnya.


📌 Kapan Kita Membutuhkan Surat Izin?

Surat izin biasanya digunakan dalam situasi seperti:

  • Tidak masuk sekolah karena sakit

  • Izin tidak masuk kerja karena urusan keluarga atau keperluan mendesak

  • Izin mengikuti acara tertentu (pernikahan, kegiatan organisasi, dll)

  • Izin meninggalkan tempat kerja atau sekolah dalam jangka waktu tertentu


📝 Struktur Umum Surat Izin

  1. Tempat dan tanggal penulisan surat

  2. Tujuan surat (kepada siapa surat ditujukan)

  3. Salam pembuka

  4. Isi surat (alasan izin, waktu ketidakhadiran)

  5. Penutup dan harapan

  6. Tanda tangan dan nama pengirim


📄 Contoh Surat Izin Tidak Masuk Sekolah

Jakarta, 8 April 2025

Yth. Bapak/Ibu Guru Wali Kelas XI IPA 2
SMA Negeri 5 Jakarta
di Tempat

Dengan hormat,

Saya yang bertanda tangan di bawah ini:
Nama: Fadila Aulia
Kelas: XI IPA 2

Ingin memberitahukan bahwa saya tidak dapat mengikuti kegiatan belajar pada hari Selasa, 8 April 2025 karena sedang sakit. Oleh karena itu, saya memohon izin untuk tidak masuk sekolah selama masa pemulihan.

Demikian surat ini saya sampaikan. Atas perhatian Bapak/Ibu Guru, saya ucapkan terima kasih.

Hormat saya,

(tanda tangan)

Fadila Aulia


📄 Contoh Surat Izin Tidak Masuk Kerja

Surabaya, 8 April 2025

Yth. Kepala Bagian HRD
PT Sinar Abadi
di Tempat

Dengan hormat,

Saya yang bertanda tangan di bawah ini:
Nama: Andi Prasetyo
Jabatan: Staf Keuangan

Dengan ini mengajukan permohonan izin tidak masuk kerja pada tanggal 8–9 April 2025 karena ada keperluan keluarga yang tidak dapat ditinggalkan. Saya akan kembali bekerja seperti biasa pada tanggal 10 April 2025.

Demikian surat izin ini saya buat dengan sebenar-benarnya. Atas perhatian dan pengertiannya, saya ucapkan terima kasih.

Hormat saya,

(tanda tangan)

Andi Prasetyo


💡 Tips Menulis Surat Izin

  • Gunakan bahasa yang sopan dan jelas

  • Sertakan informasi penting seperti nama, jabatan (jika bekerja), kelas (jika sekolah), dan alasan izin

  • Sebisa mungkin tulis tanggal izin secara spesifik

  • Jika mewakili orang lain (misalnya orang tua menulis untuk anak), sebutkan hubungan dengan jelas


✍️ Penutup

Surat izin adalah bentuk tanggung jawab kita dalam memberitahukan ketidakhadiran secara resmi. Dengan menuliskannya dengan baik dan benar, kamu akan tetap dianggap profesional, baik di lingkungan sekolah maupun kerja.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Menulis Surat Resmi dan Tidak Resmi Beserta Contoh: Panduan Praktis untuk Pelajar dan Umum

Contoh Surat Lamaran Kerja yang Baik dan Benar (Plus Tips Menulisnya)